Biografi Imam Ibnul Jauzi, Penulis Kitab Akhbarul Hamqa (Bagian 1: Nama dan Kelahiran)

Artikel Dosen    13 Oct 2023    2 menit baca
Biografi Imam Ibnul Jauzi, Penulis Kitab Akhbarul Hamqa (Bagian 1: Nama dan Kelahiran)

Ini adalah kitab yang mungkin banyak dari kita tidak sering mendengarnya. Karena sedikitnya kebiasaan para ulama dulu, atau kebiasaan dari literasi kita yang jarang membahas atau mempelajari kitab ini. Yakni Akhbarul Hamqa wal Mughaffalin kitab yang ditulis oleh Imam Ibnul Jauzi dalam salah satu karya-karya beliau.

Beliau menulis kitab ini untuk menjadi tadzkir, tanbih untuk menjadi pengingat bagi kita agar tidak seperti orang-orang bodoh yang digambarkan oleh beliau dalam kitab ini. Karenanya kalau diartikan judulnya seperti "logikanya orang-orang bodoh dan lalai", Akhbarul Hamqa wal Mughaffalin.

Sebelum menyelami kitab ini dengan segala bentuk hikmah dan pelajarannya, maka seperti kebiasaan para ulama dulu mereka biasa memulainya dengan mengenal tentang mu’allif, tentang penulis dari kitab tersebut.

Dan perlu diketahui untuk menulis kitab ini Imam Ibnul Jauzi harus menurunkan derajatnya sebagai seorang ulama sampai pada derajat orang yang sederhana, orang yang awam agar bahasa dalam pembahasannya mudah dipahami oleh orang-orang yang awam.

Imam Ibnul Jauzi adalah seorang yang alim, seorang yang al mu’arif, al muhaddits, al faqiih, al wa’id. Dalam ilmu syariat beliau adalah seorang al ‘allamah yaitu orang yang dikenal memiliki banyak fan (cabang-cabang) ilmu. Jadi bukan hanya sekedar satu ilmu yang dia pahami, bukan hanya sekedar satu bidang ilmu yang dikuasai, tapi ia menguasai dari berbagai macam fan ilmu.

Beliau bernama Abdurrahman ibnu Ali ibnu Muhammad Ibnu Jauzi Al Qurasyi Al Baghdadi. Beliau berasal dari Baghdad, Iraq. 

  1. Nama Ibnul Jauzi

Kenapa dikenal dengan Ibnul Jauzi? Karena di daerah tempat tinggalnya ada sebuah pohon bernama jauz, semacam kacang-kacangan yang tumbuh hanya di daerah tersebut. Maka hingga hari ini beliau dikenal dengan Ibnul Jauzi.

Dan banyak ulama yang dikenal bukan dengan nama atau gelarnya, namun nama tempatnya. Contoh seperti Imam Nawawi lahir di daerah Nawa yaitu salah satu tempat di Suriah dan menjadi terkenal karena Imam Nawawi.

  1. Kelahiran Ibnul Jauzi

Imam Ibnul Jauzi dilahirkan di Baghdad. Ada perbedaan pendapat tentang kapan lahirnya Ibnul Jauzi. Ada yang mengatakan tahun 508, 509, 510. Tapi menurut Imam Khairuddin Az Zarkily dalam kitabnya al A‘laam menyebutkan bahwa tarikh atau tahun lahirnya Ibnul Jauzi itu pada tahun 508 hijriyah.

lanjut baca